Tentang Kami

Tentang Kami

Perpustakaan UNIMUS merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknik (UPT) yaitu suatu unit penunjang utama untuk memenuhi kebutuhan informasi ilmiah bagi seluruh civitas akademika dilingkungan UNIMUS. UPT Perpustakaan secara struktural berada di bawah bidang 1 Akademik dan dipimpin oleh Kepala UPT Perpustakaan. Kepala UPT Perpustakaan Unimus periode 2017-2020 adalah M. Firdaus Charis Nursecha, S.Hum

Visi :

Perpustakaan Unimus menjadi pusat informasi dan dokumentasi yang unggul dan berkarakter berbasis Teknologi dan Informasi.

Misi :

  1. Meningkatkan pelayanan informasi dan dokumentasi berbasis teknologi dan informasi bagi sivitas akademika dan masyarakat luar.
  2. Meningkatkan kemampuan mengelola dan menyebarluaskan informasi atas kekayaan ilmiah yang dimiliki UNIMUS
  3. Meningkatkan SDM dalam memanfaatkan Teknologi terkini.
  4. Mengupayakan terwujudnya jaringan informasi perpustakaan di lingkungan Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah atau perpustakaan lain di tingkat Nasional
  5. Meningkatkan promosi dan pengabdian masyarakat

Lokasi dan Sistem Layanan

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) terdiri dari 4 (empat) unit yang berbeda namun menggunakan sistem pelayanan terbuka (open access) dan terintegrasi sehingga sangat memungkinkan pemakai jasa perpustakaan bebas menggunakan fasilitas yang ada untuk dapat mengakses koleksi dan literatur melalui jaringan internet.

Dengan satu manajemen perpustakaan yang terpusat, UPT Perpustakaan mengelola empat lokasi Perpustakaan UNIMUS sebagai berikut:

  1. Perpustakaan Pusat Unit 1 Gedung Kuliah Bersama (GKB) Lantai Dasar Jl. Kedungmundu Raya 18 Semarang. Telp. 085 779 611 681
  2. Perpustakaan Unit II Kampus  Kedungmundu II Gedung RSGMP Jl. kedungmundu Raya No. 22
  3. Perpustakaan Unit III Gedung Fakultas Kedokteran Jl. Kedungmundu Raya No.18 Smg.
  4. Perpustakaan Unit IV Kampus Kasipah Jl. Kasipah No.12 Semarang Telp. (024) 8502518

Pustakawan

Perpustakaan Unimus memiliki 8 orang pustakawan dan 2 tenaga bantu perpustakaan yang terdiri atas:

  • 2 (dua) orang lulusan S1;
  • 5 (lima) orang lulusan DIII;
  • 1 (satu) orang lulusan D2.
  • 2 (dua) Lulusan SMA

Pengembangan Layanan

  1. Digital Elektronik (sistem otomasi perpustakaan). Library Automation adalah salah satu teknologi yang diterapkan dalam sistem informasi perpustakaan. Perpustakaan Unimus menggunakan program komputer bernama Library Automation Sevice (LASER) dengan menggunakan jaringan internet.
  2. Repository (E-Prints). E-Prints merupakan layanan referensi online terbaru yang disediakan untuk mempublikasikan kumpulan repository di lingkungan civitas akademika Unimus.
  3. Digilib (Digital Library). Digital Library merupakan salah satu layanan UPT Perpustakaan dalam bentuk obyek informasi digital / file komputer.
  4. Sikapus (Sistem Katalog Perpustakaan). Sistem ini akan membantu anda mendapatkan gambaran buku yang anda ingin cari di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Semarang.
  5. Portal Jurnal Unimus (E-Jurnal). Portal Jurnal Unimus disediakan untuk mempublikasikan kepada masyarakat umum tentang publikasi artikel ilmiah, proceeding, hasil penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkungan Universitas Muhammadiyah Semarang.
  6. Jurnal Elektronik Clinical Key. Portal Jurnal, Buku dan lain-lain dalam bentuk Elektronik yang menyajikan database subyek kedokteran dengan softengine yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Semarang.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi: Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Semarang. Jl. Kedungmundu Raya 18 Semarang. Telp. 085 779 611 681. Email: perpustakaan@unimus.ac.id.

Leave a Reply