Kelas Literasi Informasi : Strategi Akses E-Resources dan Aplikasi Mendeley

Kelas Literasi Informasi : Strategi Akses E-Resources dan Aplikasi Mendeley

Semarang, 6 Oktober 2021 UPT Perpustakaan menyelenggarakan Kelas Literasi Informasi : Strategi Akses E-Resorces dan Aplikasi Mendeley sebagai penutup serangkaian kegiatan Library Festival 2021. Kegiatan dibuka oleh Kepala Perpustakaan UNIMUS dan diikuti oleh puluhan peserta Mahasiswa di lingkungan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Semarang. Dalam sambutannya Kepala Perpustakaan menyampaikan literasi informasi merupakan kunci pembelajaran, yakni bagaimana seseorang mampu mengidentifikasi kebutuhan informasi, melakukan pemetaan informasi, menelusur informasi, mengevaluasi dan menggunakannya secara beretika. Perkembangan lingkungan informasi dan teknologi yang berkembang pesat menjadikan literasi informasi semakin penting dalam pendidikan. Mahasiswa yang literate lebih mampu menghadapi lingkungan informasi yang kompleks dan menekan terjadinya information anxiety. Pentingnya literasi informasi mendorong berbagai perguruan tinggi mengeluarkan kebijakan khusus. Kebijakan secara nyata diimplementasikan oleh perpustakaan dengan mengadakan berbagai kegiatan yang mendorong peningkatan kemampuan literasi informasi, termasuk pelatihan literasi informasi oleh pustakawan.

Materi yang disampaikan adalah Pemanfaatan E-Resources, yaitu tentang apa dan bagaimana memanfaatkan e-resources di perpustakaan. Meliputi pelatihan penelusuran e-journal dan e book, pelatihan pemanfaatan software anti plagiasi turnitin, dan pelatihan penulisan sitasi dan reference manager dengan menggunakan mendeley.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dengan pelatihan ini, peserta dapat memanfaatkan fasilitas e-resources sebagai sarana informasi dan komunikasi teknologi secara efektif dan tepat, guna sehingga membentuk pembelajaran seumur hidup secara mandiri.

admin