Webinar Mendeley

Webinar Mendeley

Rabu, 15 Juli 2020 bertempat di Ruang Rapat Lantai 7 Gedung Kuliah Bersama UNIMUS, UPT Perpustakaan bekerjasama dengan Fakultas Bahasa dan Budaya Asing UNIMUS telah sukses menyelenggarakan Webinar “Utilizing Reference Manager to Foster Scientific Article & Citation”.

Acara Webinar dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Budaya Asing Beliau Ibu Muhimatul Ifadah, S.Pd. M.Pd yang didampingi oleh Kepala UPT Perpustakaan UNIMUS.

Webinar dipandu oleh moderator Nur Indah Ariani, S.Hum (Pustakawan UNIMUS), kemudian hadir sebagai narasumber 1 Beliau Bapak Arbain, S.Pd, M.Pd (Mendeley Advisor) dan narasumber 2 Beliau Bapak Dr. Dodi Mulyadi, M.Pd yang merupakan dosen FBBA UNIMUS.

Diikuti oleh 476 peserta dari berbagai kalangan akademisi, termasuk dosen dan mahasiswa dari penjuru Indonesia.
Tujuan diadakan Webinar tersebut adalah sebagai acuan yang digunakan untuk membahas tentang pentingnya penggunaan reference manager dalam penulisan karya ilmiah. Selain itu Penggunaan aplikasi – aplikasi pengelola referensi seperti Mendeley sangat berguna bagi peningkatan kualitas dan aksesibilitas tulisan – tulisan ilmiah, utamanya dalam peningkatan sitasi. Data menunjukkan bahwa baik dosen ataupun akademisi, sebagian besar belum mampu menggunakan reference manager dalam mengoptimalkan karya yang telah dibuat. Sebagai akibatnya, banyak karya tulis yang secara content menarik, tetapi tidak mampu memenuhi kualifikasi yang diminta oleh pihak penerbit.

admin