Semarang|(4 September 2017) bertempat di Kampus 1 Gedung Rektorat Jl. Kedungmundu Raya No.18 Semarang UPT Perpustakaan menyelenggarakan Sosialisasi Trial E-Journal Springer Nature yang dihadiri oleh seluruh program studi di lingkungan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Semarang.
Dalam rangka upaya meningkatkan pelayanan dan koleksi digital UPT Perpustakaan Unimus menggagas sosialisasi trial e- journal dan e-book melalui Springer Nature. Di hadapan para peserta sosialisasi e-jurnal yang dilaksanakan di ruang 309 Gedung Rektorat (4/9) M. Firdaus Charis Nursecha, S.Hum., Kepala UPT Perpustakaan meminta kepada para peserta sosialisasi yang terdiri atas ketua program studi dan dosen untuk memaksimalkan layanan ini meskipun baru sebatas trial atau uji coba agar civitas dapat menganalisa kebutuhan dan kebermanfaatan e-journal maupun e-book.

photo_2017-09-12_09-17-25
“Kami sangat berharap banyak, trial ini akan meningkatkan kualitas mutu akademik. Bagi dosen, ini sangat penting untuk referensi karya ilmiah, desertasi, maupun penelitian, dan pengabdian. Dengan akses jurnal ilmiah internasional diharapkan dosen memiliki referensi untuk materi maupun media pembelajaran.” Kata M. Firdaus.photo_2017-09-12_09-17-15
Kepala UPT Perpustakaan menambahkan manfaat akses e-jurnal Internasional sebagai layanan perpustakaan Unimus ini bagi mahasiswa adalah sebagai referensi skripsinya. Sekarang untuk skripsi diwajibkan menggunakan referensi dari jurnal, masalah yang muncul, jurnal tersebut tidak mudah didapatkan di internet secara gratisan. Maka layanan ini menjadi sangat penting. Selama ini civitas telah mengandalkan link jurnal free access yang dilanggan Kemenristek DIKTI, Kemendikbud, maupun layanan e-resources Perpusnas.
Bagaskara Hardoko, Licenting Manajer Indonesia Springer Nature  membimbing para peserta sosialisasi bagaimana mengangkses SpringerNutere. Ia juga menerangkan keunggulan dan apa saja yang dapat dimanfaatkan melalui akses e jurnal internasional ini.

photo_2017-09-12_09-17-08photo_2017-09-12_09-16-55

NO COMMENTS